Friday, July 13, 2018

Peta zaman Singkat

PETA  ZAMAN SINGKAT


Mempelajari Akhir zaman dimulai dengan mengetahui kondisi zaman/masa/sejarah perjalanan hidup manusia di dunia ini, dan  sesungguhnya Alkitab telah memberi gambaran dengan jelas dan terperinci.

Amos 3:7 : Tuhan tidak akan melalukan sesuatu sebelum menyatakan kepada hambanya.para nabi.

Tidak ada yang tersembunyi, semuanya  dibukakan Tuhan melalui Terang Firman Tuhan sebagai petunjuk bagi umat yang mengasihinya dan berlaku setia dihadapan­nya, sehingga kita selalu hidup berkemenangan.

Bila kita bicara akhir zaman, berarti ada awal zaman. Zaman berawal dari saat mula penciptaan. Jadi awal zaman manusia, sejak Adam & Hawa. Akhir zaman adalah akhir dari zaman manusia/sejarah manusia, kemudian masuk pada zaman Kerajaan 1000 tahun, Kerajaan Allah, dimana Tuhan Yesus akan menjadi raja di atas segala raja, dan Tuhan diatas segala Tuhan (Wah.19:)

KAIROS & KRONOS 
Pembacaan Firman : 2 Tim. 3:1; 1 Tes. 5:1-2; Mat. 24:36
Akhir zaman dalam bahasa aslinya lebih mengarah kepada akhir waktu (end time). Waktu dalam bahasa Yunaninya adalah Kairos dan Kronos.

Kairos adalah Waktu Allah, tidak dibatasi oleh detik, jam, hari dan Tahun.
Kronos adalah waktu manusia, dibatasi oleh menit, bulan dan tahun.

Dari Kronos muncul kata kronologi (Kronos = Waktu; Logi = pengetahuan) yaitu pengetahuan tentang urutan waktu/ peristiwa yang di alami umat manusia. 

Sebagai contoh : secara KRONOS : kronologi/ urutan peristiwa, setiap bulan yang berakhiran ber (september-oktober-nopermber dst). di Indonesia selatan kathulistiwa, mulai musim hujan. Tetapi kapan tepatnya hari jam detiknya perpindahan dari musim kemarau ke musim Hujan itu KAIROS, waktu Allah, hanya Bapa yang tahu.
Dari kata kronos muncul kata  Kronologi urutran peristiwa tanda-tanda aklhir zaman yang akan terjadi menjelang Kedatangan Tuhan Yesus kedua kali hampir semua telah digenapai dengan cepat. tetapi tahun, bulan, hari, jam dan detik keberapa tepatnya Tuhan yesus datang kedua kali itulah KAIROS, waktu Allah, hanya bapa yang tahu. (Mat. 24:36).
Jadi belajar akhir zaman adalah belajar Kronologi : urutan peristiwa-peristiwa yang sudah, sedang dan akan dialami umat manusia menjelang Kedatanagn Tuhan Yesus kedua kali.

SEJARAH  KERAJAAN ALLAH
Secara garis besar, Alkitab m,engajarkan kita kronologi sejarah umat manusia dari kekal sampai kekal.
Mempelajari Alkitab dapat kita lakukan dengan 3 cara yaitu :
1.  1. Mempelajari  secara hurufiah, membaca langsung apa adanya mulai Kitab Kejadian sampai Wahyu, kita akan       mendapatkan banyak pengertian tentang sejarah, teladan, dan pesan Tuhan.
2.  2. Mempelajari secara Teologis, lebih mendalam, berdasarkan karakter penulis, sejarah penulisan (situasi & budaya   saat kitab ditulis), berdasarkan bahasa asli, dengan tafsiran ayat pendukung dan seterusnya hingga diperoleh       makna/pesan yang lebih mendalam dan mengkristal.
3.  3. Mempelajari dari sudut pandang Nubuatan/profetik. MemAndang setiap firman dari sudut pandang Tuhan Yesus,   dan dicocokkandengan penggenapannya pada masa kini atau penafsiran pada masa yang akan datang.

Sebagai contohnya, kita akan melihat pesan Tuhan dari sudut pandang nubuatan. 
Kita semua tahu bahwa bumi dan segala isinya diciptakan selama 6 hari dan hari ke tujuh Allah beristirahat. Proses penciptaan sejak firman Allah keluar merupakan proses penciptaan yang terus menerus (berkelanjutan), tidak hanya terjadi pada awal mula penciptaan tetapi terus sampai saat ini.


Mazmur 90 : 4 : Daud diberi hikmat Firman yang hidup bahwa 1 hari dimata Tuhan sama dengan 1000 tahun.

2 Petrus 3:8 : Demikian juga Petrus diberi Wahyu khusus  bahwa 1 hari Tuhan sama dengan 1000 tahun. Maka kalau berpijak pada dasar firman Allah tersebut, ternyata dunia ini berumur 6000 tahun  (6 hari penciptaan x 1000 tahun).  
Sejarah membuktikan bahwa ternyata setiap 2000 tahun terjadi sesuatu yang unik.


6000 TAHUN SEJARAH MANUSIA
Sejak Adam sampai Abraham menurut kitab Kejadian berlangsung + 2000 tahun. Demikian juga kalau kita hitung masa setelah Abraham sampai Masa Tuhan Yesus di bumi datang sebagai Juruselamat berja­rak + 2000 tahun.

Sejak kedatangan Tuhan yang pertama hingga kedatangan Tuhan yang kedua kali di bukit Zaitun pasti 2000 tahun juga karena masa 6000 tahun harus digenapi. Amin.
Kedatangan Kristus kedua untuk memerintah selama 1000 tahun cocok dengan masa 1 hari perhentian (Wahyu 20:6) 

Saat ini kita sudah memasuki tahun 2000, secara kronos/ waktu manusia  kerajaan Tuhan Yesus  sudah berlaku dimuka bumi (Milenium Mesianic Kingdom).

Secara Kairos waktunya segera terjadi. Bersiaplah kejar­lah mahkota untuk bersama memerintah sebagai Imam dan Raja.

Sebelum Yesus datang kedua kali, Yesus sebagai mempelai pria akan menjemput mempelai wanitanya yaitu Gereja Tuhan di awan-awan (Ef 5:25-27; 2 Kor 11:2; 1 Tes 4:16,17) sebelum 7 tahun murka Allah/masa kesusahan besar, dimana pengangkatan jemaat ini bertu­juan untuk diamankan dari masa murka Allah (1 Tes 5:9), Pengadi­lan Upah (2 Kor 5:10; 1 Kor 3:11-15), membantu Yesus mengelola masa murka 7 tahun terhadap bumi. Masa 7 tahun akan kita lihat dalam nubuatan Daniel 70 x 7 masa.


NUBUATAN 70 MINGGU DANIEL 
Pembacaan firman : Daniel 9: 24-27)
Dalam terjemahan bahasa Inggris disebutkan Seventeenth Weeks (70 minggu)
1 Minggu = 7 hari; jadi 70 minggu = 490 hari.
Dalam Bilangan 14:32 : 1 hari = 1 tahun.
Jadi 490 hari = 490 tahun.
Nubuatan 70 X 7 Masa = 490 masa = 490 tahun
1 masa = 1 tahun
Dalam kitab Daniel, dijelaskan tentang segala sesuatu yang terja­di dengan Israel dimana Daniel tidak dapat melihat masa gereja Tuhan yaitu masa setelah Yesus naik ke sorga sampai kedatangannya di awan-awan menjemput gerejanya.

Daniel 9:24 : menjelaskan bahwa ...70 x 7 masa/ 490 tahun telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu....
Bangsamu = bangsanya Daniel = bangsa Israel
Kotamu = Kota Yerusalem
- pokok nubuat adalah bangsa Israel dan kota Jerusalem (Daniel tidak melihat zaman Gereja)
- masa ini akan berlangsung 70 x 7 masa (tahun) = 490 tahun
Daniel 9:25 : menjelaskan masa pertama    7 x 7 masa = 49 tahun, yaitu yang terjadi tahun 445 sM - 396 sM
- .... mulai dari saat firman itu keluar, ( yakni bahwa Yerusa­lem akan dipulihkan dan dibangun kembali.......
    Firman ini keluar pada tahun pertama raja Darius : Tahun 445 SM.
- tanggal 14 Maret 445 sM, Raja Arthasasta memerintahkan pembangunan kembali kota Yerusalem (Neh. 2)
    
Daniel 9 :  25-26a : menjelaskan masa kedua 62 x 7 masa  =  434 tahun sesudah kota Yerusalem dibangun yaitu  396 sM -32 M

- ....sampai kedatangan seorang yang diurapi (Kristus) ..sesudah 62 x 7 masa itu akan disingkirkan seorang yang telah diurapi...(Tuhan Yesus disingkirkan( pdahal tidak ada salahnya apa-apa (Tuhan Yesus tidak bersalah, tapi di salibkan...
- Messias akan datang pada akhir masa ini dan akan meninggal
- Yesus Kristus disalibkan di Yerusalem pada hari Paskah tahun 32 M

Akan muncul raja menghancurkan kota (Yerusalem) dan tempat kudus (Bait Allah) (Bandingkan Matius 24:1-2, Tuhan Yesus menubuatkan Bait Allah akan hancur)
Digenapi pada Tahun 70 saat bangsa Romawi di bawah pimpinan Jendral Titus menghancurkan Jerusalem dan Bait Allah kedua.

Daniel 9 : 27 : Raja itu .....adalah raja yang akan muncul dari kerajaan yang menghancurkan kota Yerusalem dan bait allah (Kerajaan Romawi)
-Raja itu akan membuat perjanjian menjadi sukar bagi  banyak orang (orang Yahudi; with the Jews - KJV)...selama satu x 7 masa (tidak terpisah, menjadi satu kesatuan.
- Perjanjian sukar, Yesus tidak pernah membuat perjanjian sukar.
Perjanjian Yesus bukan hanya untuk Yahudi tetapi untuk semua bangsa (Perjanjian Baru - Injil Keselamatan)
Daniel tidak melihat adanya masa gereja, sehinga penglihatan ini ada gap 2000 tahun.
- masa 7 tahun terakhir akan mulai pada waktu Antikristus membuat perjanjian ( perjanjian perdamaian dengan Israel, dan merupakan awal kesusuahan bagi Yakub – Jeremia

Kesusahan Bagi Bangsa Israel = Kesusahan Yang Besar selama 1 x 7 Masa  =  7 Tahun tera­hir 
Daniel 9 : 27b: menjelaskan tentang masa ketiga yaitu 1/2 x 7 masa = 3 1/2  tahun (Why. 11:3)
Daniel 9 : 27b menjelasakan tentang masa keempat 1/2 x 7 masa = 3 1/ 2 tahun (Why. 12:6)
- ...Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan.....
- 3 1/2 tahun sesudah perjanjian itu, antikristus akan membatalk­an perjanjiannya dengan Israel dan akan mulai masa 3 1/ 2 tahun terakhir.
- dengan ada “korban sembelihan” Israel harus menguasai Bukit Bait Allah (Temple Mount) di puncak bukit Muria di kota Yerusalem dan Bait Suci Allah harus dibangun kembali (saat ini di lokasi tersebut terdapat Mesjid Dome Of Rock dan Mesjid Al Aqsa, mesjid tersuci ketiga. umat Islam)


TAHUN MASA MURKA ALLAH
Pembacaan Firman : 1 Tesalonika 5: 9, Wahyu 6
Dimulai dengan puncak kebangunan rohani dan kesempurnaan gerejaNya diseluruh dunia, Yesus mempelai Pria akan menjemput gereja mempelai wanitanya.
Dengan ditetapkannya kerjasama Romawi Baru (sekarang Uni Eropa)  dengan Israel (Jews Community) selama 7 tahun, dimulai masa kesukaran bagi Israel.
Pada saat itulah gereja diangkat Tuhan, diamankan dari murka ALlah.

KRONOLOGI AKHIR ZAMAN
Pembacaan Firman : Pembagian kitab Daniel & Wahyu
Mempelajari Akhir zaman pada masa ini bukanlah suatu hal yang sulit, karena semua penggenapan ada di hadapan kita. Pembagian pasal dalam berbagai kitab tentang akhir zaman menunjukkan urutan masa/kronologis.

Bila kita rangkumkan seluruh garis zaman yang ada maka dapat disimpulkan garis zaman akan berbentuk seperti diagram berikut :
1.       Zaman Bangsa-Bangsa 
Di awali Kerajaan Babilonia dan diakhiri dengan Munculnya Eropa Serikat (Seluruh Kitab Daniel).
Wahyu 17: 11 : Kerajaan Manusia dimulai dari Mesir, Assiria, Babilonia dan seterusnya.

2.       Zaman Gereja 
Dimulai sejak Tahun 33 Yesus naik ke Sorga sampai saat pengangkatan gereja.
Wahyu 2-3  :Gereja mengalami 7 masa dimana setiap surat yang diberikan menggambar masa dan kondisi gereja saat itu dan jenis gereja yang akan diangkat. Gereja bukan organisasi, denominasi, maupun gedungnya, tetapi setiap pribadi yang telah percaya dan menerima Yesus dan mengalami kelahiran baru sampai bertumbuh mencapai kesempurnaan.

3.       Masa Pengangkatan 
Wahyu 4-5 : adalah masa yang dimulai dengan peristiwa  sekejap mata {en atomo; 1 Kor 15:50,51} saat Tuhan Yesus mengubah  { transfigurasi} tubuh mempelainya yang diangkat menjadi tubuh kemuliaan  dan menghilang dari bumi ini masuk dalam awan kemuliaan/Firdaus.

4.       Masa Kesusahan Besar 
Wahyu 6-19 : dibagi menjadi 3 masa/situasi/kon­disi:
4.1. Masa Israel/ masa kesusahan Yakub
4.2. Masa 21 Murka Allah
4.3. Masa Antikristus

Nama-Nama Untuk Masa Kesusahan Yang Besar
a.       Hari Tuhan
(Yes.2_12; 13:6,9;Yoel 1:15; 2:1,11,31; Obj. 1:15;Zef. 1:7,14; Mal. 4:5; Kis. 2:20 1.Tes. 5:2; 2 Tes 2:2)
b.       Waktu Kesusahan Bagi Yakub ( Yer. 30:7)
c.        Waktu Kesesakkan yang Besar ( Dan. 12:1-2)
d. Minggu terakhir; Tujuh Masa/tahun terakhir dari Nubuatan 70 minggu Daniel (Dan. 9:24-27)
e. Hari Besar Murka / Saat Penghakiman (Why.6:17;Why.14:7)
f. Masa Siksaan  Dahsyat (Mat. 24:21,29)
g. Akhir Zaman (Mat. 13:40,40; Dan. 12:9)
h. Hari terakhir/ waktu terakhir  (end time)
i. Masa Israel/ masa kesusahan Yakub
j. Masa 21 Murka Allah
k. Masa Antikristus

5.       Masa Jemaat Tuhan di Firdaus
Wahyu 4,5,10,11,19
Sementara di bumi mengalami & meterai, 7 Sangakakala & 7 Cawan Murka qllah, jemaat Tuhan di Firdaus mengalami :
1. Kebaktian siang dan malam
2. Pengadilan Tahta Kristus.
3. Perjamuan Kawin Anak Domba (Wahyu 19)

6.       Kedatangan Tuhan Yesus kedua kali 

Di awali dengan perang Harmagedon dan Yesus datang bersama orang kudusnya dan menginjakan kaki di bukit Zaitun (Zak.14:4;Kis 1:11).

BERJAGA-JAGALAH SENANTIASA SEBAB KITA TIDAK TAHU BILA MANA HARI ITU TIBA. TUHAN YESUS MEMBERKATI

No comments: