Thursday, March 22, 2018

Nubuat Kitab Daniel tentang kedatangan Mesias


 

NUBUAT DANIEL TENTANG KEDATANGAN MESIAS
Nubuat tentang Mesias terdapat dalam Daniel 9:24-27. Dalam ayat itu Daniel menyatakan secara eksplisit bahwa Mesias akan datang 69 "sabat" (yaitu, 69 tahun sabat - atau total 483 tahun) setelah dekrit yang diberikan untuk membangun kembali Yerusalem, yang saat itu tinggal reruntuhan setelah Nebukadnezar, raja Babilonia, menghancurkannya. 

Dekrit semacam itu diberikan kemudian oleh kaisar Persia. Walaupun tanggal yang pasti dari dekrit itu tidak diketahui dengan jelas, tanggal terakhir dari nubuat pasti suatu waktu dalam abad pertama Masehi. Sesungguhnya, hal itu pasti terjadi sebelum penghancuran kota dan Bait Allah oleh Romawi pada tahun 70 Masehi, sebab nubuat mengatakan secara eksplisit: "Setelah keenam puluh dua kali tujuh masa itu akan disingkirkan seorang Mesias, padahal tidak ada salahnya apa-apa; maka datanglah rakyat seorang raja memusnahkan kota dan tempat kudus itu" (Daniel 9:26). Bukan saja Mesias pasti datang sebelum pemusnahan kota ini, tetapi juga disebutkan bahwa Dia "disingkirkan", ditolak atau dibunuh, sebelum pemusnahan itu :


* Daniel 9:24-27 Nubuat tentang Tujuhpuluh kali tujuh masa.

9:24 LAI TB, Tujuh puluh kali tujuh masa telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu yang kudus, untuk melenyapkan kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan kesalahan, untuk mendatangkan keadilan yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus. 
KJV, Seventy weeks are determined upon thy people and upon thy holy city, to finish the transgression, and to make an end of sins, and to make reconciliation for iniquity, and to bring in everlasting righteousness, and to seal up the vision and prophecy, and to anoint the most Holy. 
Hebrew,
שָׁבֻעִים שִׁבְעִים נֶחְתַּךְ עַל־עַמְּךָ וְעַל־עִיר קָדְשֶׁךָ לְכַלֵּא הַפֶּשַׁע [כ וּלַחְתֹּם] [ק וּלְהָתֵם] [כ חַטָּאֹות] [ק חַטָּאת] וּלְכַפֵּר עָוֹן וּלְהָבִיא צֶדֶק עֹלָמִים וְלַחְתֹּם חָזֹון וְנָבִיא וְלִמְשֹׁחַ קֹדֶשׁ קָדָשִׁים׃
Translit, SYAVU'IM SYIV'IM NEKHTAKH 'AL-'AMEKHA VE'AL-'IR QODSYEKHA LEKHALE' HAPESYA' ULAKHTOM KHATA'OT ULEKHAPER 'AVON ULEHAVI' TSEDEQ 'OLAMIM VELAKHTOM KHAZON VENAVI' VELIMSYOAKH QODESY QADASYIM


9:25 LAI TB, Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, seorang raja, ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan. 7 +62 = 69, 69 X 7 = 483

KJV, Know therefore and understand, that from the going forth of the commandment to restore and to build Jerusalem unto the Messiah the Prince shall be seven weeks, and threescore and two weeks: the street shall be built again, and the wall, even in troublous times. 
Hebrew,
וְתֵדַע וְתַשְׂכֵּל מִן־מֹצָא דָבָר לְהָשִׁיב וְלִבְנֹות יְרוּשָׁלִַם עַד־מָשִׁיחַ נָגִיד שָׁבֻעִים שִׁבְעָה וְשָׁבֻעִים שִׁשִּׁים וּשְׁנַיִם תָּשׁוּב וְנִבְנְתָה רְחֹוב וְחָרוּץ וּבְצֹוק הָעִתִּים׃
Translit,VETEDA' VETASKEL MIN-MOTSA' DAVAR LEHASYIV VELIVNOT YERUSYALAIM 'AD-MASYIAKH NAGID SYAVU'IM SYIV'AH VESYAVU'IM SYISYIM USYENAYIM TASYUV VENIVNETAH REKHOV VEKHARUTS UVETSOQ HA'ITIM


9:26 LAI TB, Sesudah keenam puluh dua kali tujuh masa itu akan disingkirkan seorang yang telah diurapi, padahal tidak ada salahnya apa-apa. Maka datanglah rakyat seorang raja memusnahkan kota dan tempat kudus itu, tetapi raja itu akan menemui ajalnya dalam air bah; dan sampai pada akhir zaman akan ada peperangan dan pemusnahan, seperti yang telah ditetapkan. 
KJV, And after threescore and two weeks shall Messiah be cut off, but not for himself: and the people of the prince that shall come shall destroy the city and the sanctuary; and the end thereof shall be with a flood, and unto the end of the war desolations are determined. 
Hebrew,
וְאַחֲרֵי הַשָּׁבֻעִים שִׁשִּׁים וּשְׁנַיִם יִכָּרֵת מָשִׁיחַ וְאֵין לֹו וְהָעִיר וְהַקֹּדֶשׁ יַשְׁחִית עַם נָגִיד הַבָּא וְקִצֹּו בַשֶּׁטֶף וְעַד קֵץ מִלְחָמָה נֶחֱרֶצֶת שֹׁמֵמֹות׃
Translit, VE'AKHAREY HASYAVU'IM SYISYIM USYENAYIM YIKARET MASYIAKH VE'EYN LO VEHA'IR VEHAQODESY YASYKHIT 'AM NAGID HABA' VEQITSO VASYETEF VE'AD QETS MILKHAMAH NEKHERETSET SYOMEMOT


9:27 LAI TB, Raja itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu kali tujuh masa. Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan; dan di atas sayap kekejian akan datang yang membinasakan, sampai pemusnahan yang telah ditetapkan menimpa yang membinasakan itu."
KJV, And he shall confirm the covenant with many for one week: and in the midst of the week he shall cause the sacrifice and the oblation to cease, and for the overspreading of abominations he shall make it desolate, even until the consummation, and that determined shall be poured upon the desolate. 
Hebrew,
וְהִגְבִּיר בְּרִית לָרַבִּים שָׁבוּעַ אֶחָד וַחֲצִי הַשָּׁבוּעַ יַשְׁבִּית זֶבַח וּמִנְחָה וְעַל כְּנַף שִׁקּוּצִים מְשֹׁםֵם וְעַד־כָּלָה וְנֶחֱרָצָה תִּתַּךְ עַל־שֹׁםֵם׃ ף
Translit, VEHIGBIR BERIT LARABIM SYAVUA' 'EKHAD VAKHATSI HASYAVUA' YASYBIT ZEVAKH UMINKHAH VE'AL KENAF SYIQUTSIM MESYOMEM VE'AD-KALAH VENEKHERATSAH TITAKH 'AL-SYOMEM


Bagian yang menarik dalam Kitab Daniel ini, dimana ayat-ayat diatas menerangkan bahwa Allah sudah menetapkan masa tertentu, untuk menggenapkan pemulihan umatNya dari perhambaan. Tema pokok yaitu penentuan waktu 70 x 7 masa, diungkapkan dalam ayat 24 dan perinciannya diterangkan dalam ketiga ayat berikutnya.


Ayat 24 :

"Tujuh puluh kali tujuh masa". Kata Aram untuk masa ( שבעים - "SYAVU'IM"), 70 "kali 7" artinya kelipatan 7 tahun sehingga didapatkan angka 490tahun. Penafsiran ini adalah penafsiran yang lazim sejak zaman lampau. Daniel telah memikirkan pelipatgandaan "tujuh" tahun (Daniel 9:1, bandingkan dengan Yeremia 25:11,12). "70 x 7 masa" masa sudah ditentukan, didalamnya keselamatan bagi umat Allah akan digenapkan.

Ditentukannya "70 x 7 masa" gunanya untuk menyatakan 6 hal, diantaranya 3 negatif dan 3 positif :

Yang negatif :

- Untuk melenyapkan kefasikan
- Untuk mengakiri Dosa
- Untuk menghapuskan kesalahan

Melalui Mesias kefasikan akan dilenyapkan, dosa akan diakhiri dan olehNya kesalahan akan dihapuskan. Hal ini mengandung arti akan adanya suatu "kurban" yang mutlak perlu dipersembahkan, berdasarkan itulah kesalahan akan diampuni. Jenis kutuk ini jelas sekali dari kata-kata "kefasikan, dosa dan kesalahan" (bandingkan dengan Mazmur 32:5). Jadi hasil negatif yang akan didapati ialahmeniadakan kutuk yang menceraikan Allah dengan manusia, melalui adanya "kurban".


Yang Positif :

- Untuk mendatangkan keadilan yang kekal
- Untuk menggenapkan penglihatan dan nabi
- Untuk mengurapi yang maha kudus.

Melalui Mesias, keadilan yang kekal ditanamkan oleh Allah yang akan diterima oleh umat melalui iman. Melalui Mesias akan digenapkan nubuat dan pengelihatan para nabi. Dalam Perjanjian Lama Allah berbicara melalui para nabi dan memberikan wahyuNya melalui para nabi.

Nabi adalah seorang yang dijadikan sebagai jurubicara Allah kepada umatNya. Allah memberitahukan kehendakNya kepada para nabi melalui mimpi dan pengelihatan-pengelihatan (Bilangan 12:1-8 ). Seluruh kelembagaan kenabian ini ialah lambang khusus bagi Nabi Besar yang akan datang.

Bagian akhir dari ayat 24 ini menulis "untuk mengurapi yang maha kudus", קדש קדשים - KODESY KADASYIM, harfiah "yang kudus daripada yang kudus". Ungkapan ini hanya cocok diperuntukkan pada Mesias yang dijanjikan, yang datangnya dari Allah sendiri, dan perhatikanlah dalam kehidupan Yesus, sampai dengan naiknya Ia ke Surga, setiap hal yang tertulis dalam ayat 24 ini sudah digenapi.


Ayat 25 :

Dalam ayat 25 s/d 27 dijelaskan perincian "70 x 7 masa". Ayat 25 memberitahukan awal dan lamanya kurun waktu sampai kedatangan Mesias. Daniel diharuskan mengetahui dan memahami berita ini. "Dari saat Firman itu keluar". Ayat ini merujuk pada "keluarnya suatu perkataan (Firman) dari Allah", bukan kepada "keluarnya suatu maklumat/dekrit dari seorang raja Persia". Serentak buah dari perkataan itu, tampak dalam sejarah umat manusia, dan ini terjadi pada tahun pertama pererintahan raja Koresh (Yesaya 44:28, dalam konteks Ezra 1:1-4), tatkala ia mengizinkan orang-orang Yahudi pulang ke negerinya. 

"Ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa" Kenyataannya 7 ditambah 62 samadengan 69 
69 x 7 = 483. Dari tahun 444sM sampai kira-kira 30M, periode umum dari pelayanan Kristus adalah 470tahun lebih, begitu dekat dengan angka 483 yang ditetapkan, sehingga hubungannya cukup meyakinkan. Dan sama tepatnya proporsinya dengan 70tahun dari nubuat Yeremia, benar-benar hanya kira-kira 68tahun. Karena Yesus tampil secara resmi sebagai "Mesias-Raja" hanya sekali (Zakaria 9:9, bandingkan dengan Matius 21:5; Lukas 9:20,21).


Ayat 26 :

"Sesudah keenam puluh dua kali tujuh masa", sangat penting kita mencermati peristiwa tertentu dikatakan "dan sesudah" ( ואחרי VE'AKHAREI) 62 masa. Nubuat ini menuliskan "Akan disingkirkan seorang yang telah diurapi, padahal tidak ada salahnya apa-apa", hal ini jelas merujuk pada pengadilan Yesus dengan vonis yang dijatuhkan kepadaNya, yaitu hukuman mati dengan cara disalib.
Dan selanjutnya ayat ini menuliskan "Maka datanglah rakyat seorang raja memusnahkan kota dan tempat kudus itu", terhadap tulisan ini, hampir semua penafsir mengkaitkannya dengan kehancuran Bait Allah oleh bangsa Romawi. Sebab kaitannya sangat erat dengan kota dan tempat kudus (Yerusalem dan Bait Allah), yang akan dimusnahkan oleh "rakyatseorang raja", raja yang dimaksud ini bukan Mesias yang dijanjikan itu, tetapi "raja lain yang akan datang ( הבא - "HABA"). Ini tampaknya sebagai nubuat yang jelas sekali mengenai keruntuhan Yerusalem yang dilakukan oleh Jendral Titus Vespasianus seorang Panglima dari kekaisaran Romawi. 

Frasa " sampai pada akhir zaman akan ada peperangan dan pemusnahan, seperti yang telah ditetapkan" tampaknya telah dinubuatkan bahwa di tempat itu penghancuran, peperangan dan pemusnahan akan terus ada, tanda-tanda yang jelas adalah terjadinya Perang Salib memperebutkan tempat itu, dan di zaman modern ini masih saja terjadi perang antara negara Israel baru dengan negara-negara tetangganya.


Ayat 27 :

"Raja itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat", kata yang diterjemahkan "berat" ini adalah kata yang kurang lazim untuk dipakai ( הגביר - HIGBIR dari kata גבר - GABAR'kuat'), frasa ini dapat diartikan "raja itu mengukuhkan perjanjian".

Jalinan pikiran disini ialah bahwa perjanjian itu sudah ada dan sekarang syarat-syaratnya harus dibuat terlaksana. Siapakah dia yang akan membuat perjanjian itu berlaku? Dalam naskah bahasa asli dikatakan melulu "dia" yang adalah Mesias, yang mengerjakan keselamatan bagi umatNya melalui hidup dan kematianNya. Dengan demikian "7 masa yang ke 70" itu adalah bilangan lambing, yang menunjuk pada kehidupan Tuhan Yesus di dunia ini.

"Pada pertengahan tujuh masa itu"melalui kematianNyaSang Mesias menghentikan korban-korban sembelihan orang Yahudi (Ibrani 8:13, Efesus 2:15), penjelasan lanjut bisa dibaca di menggenapi-dan-membatalkan-taurat-vt545.html#p1022

"di atas sayap kekejian akan datang yang membinasakan". Sebagai hasil dari kematian Sang Mesias itu, orang yang membinasakan (yaitu panglima Roma, Titus) dating "di atas sayap kekejian". Boleh kita artikan "sayap" untuk menandakan hubungan Bait Suci dan "kekejian, pemusnahan dan pembinasaan" berkaitan dengan runtuhnya Bait Suci secara menyeluruh. Keadaan runtuh ini akan terus nberjalan bahkan "sampai pemusnahan yang telah ditetapkan" oleh Allah menimpa puing-puing Yerusalem dan Bait Suci.

Nubuat tentang 70 x 7 masa adalah salah satu diantara yang paling sukar untuk ditafsirkan. Ada perbedaan-perbedaan penafsiran Daniel 9:24-27, bahkan ada yang mengkaitkannya dengan "kedatangan Antikris" atau "kedatangan Yesus yang kedua kali". 

Penafsiran yang disajikan dalam tulisan ini berpusat pada Sang Mesias yang tradisional, yang menitik beratkan pada "kematian-Nya" pada paruh 7 masa (tahun ke 3.5) yang "menghentikan korban sembelihan" (ayat 27). Dan kehancuran Bait Suci di Yerusalem oleh Jendral Titus yang secara nyata tertulis dalam sejarah dunia pada tahun 70M .

No comments: